Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   
Home » » TEMPAT WISATA KOTA TANGSEL : Rekreasi dan Belajar

TEMPAT WISATA KOTA TANGSEL : Rekreasi dan Belajar


Beberapa lokasi wisata alam yang bisa dikunjungi di antaranya Wisata Tanah Tingal dan Kandank Jurank Doank merupakan lokasi wisata alam yang terletak di Ciputat. Ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan terutama oleh anakanak, mulai dari membuat keramik, mengenal jenis binatang, memberi makan binatang, panen padi, flying fox, hingga bermain kano dan pengamatan burung (birdwatching). Terdapat juga penginapan lengkap dengan kafe dan kolam renang.
   

Selain itu, juga terdapat taman/hutan kota di Serpong yang juga dimanfaatkan sebagai lokasi rekreasi, seperti hutan kota di wilayah BSD, taman kota yang terdapat di Jl. Letnan Sutopo dekat Sekolah Al-Azhar BSD dan taman kota yang terletak di Taman Tekno, Buaran dekat MAN Insan Cendekia. Wisata air, seperti kolam renang, pemancingan, taman air tersebar di berbagai wilayah, seperti Ocean Park di BSD, Serpong; serta kolam renang dan pemancingan yang terdapat dibanyak kecamatan. Hampir di semua kecamatan juga terdapat situ-situ yang dapatdijadikan tempat rekreasi namun sebagian besar masih harus ditata ulang.
Berikut adalah penjelasan dari berbagai macam wisata alam yang ada di Tangerang Selatan:

TANAH TINGAL


Tanah Tingal sebagai pusat pelatihan, pendidikan dan kegiatan luar ruang (outdoor activities) terbesar di kawasan Tangerang Selatan menyelenggarakan berbagai aktifitas luar ruang dengan fasilitas yang lengkap. Disamping itu, Tanah Tingal juga menyelenggarkan pelatihan dalam bidang Plant Nursury, diamana kegiatan ini di fokuskan pada kegiatan workshop, informasi rawat tanaman, rumah koleksi dan penjualan tanaman dengan segala pernak-pernik kebutuhan hobies tanaman.
Berikut adalah layanan – layanan yang ada di Tanah Tingal: 

Outdoor Wedding / Garden Party

Layanan Outdoor Wedding meliputi sewa area, dekorasi pelaminan, catering, dokumentasi, sound system, tenda dan lain-lain.

Family & Employee Gathering

Kegiatan Family & Employee Gathering adalah kegiatan yang bertujuan untuk membangun hubungan informal, mengurangi jarak, membina kebersamaan (Respect to others), menghayati dan menghargai keberadaan individu sebagai bagian dari lingkungan sosial (Respect to self) serta membangun kerjasama. Pekerjaan yang telah dilakukan dari waktu ke waktu membuat orang terkadang penat, jenuh dan lelah sehingga perlu untuk melakukan suatu aktifitas lain di luar rutinitas yang biasa dilakukan, tentunya dengan tidak melupakan konteks sosial yang ada. Dalam kegiatan ini, peserta akan diajak melepaskan rutinitas mereka dan bersama melakukan refreshing dan recreation dalam situasi yang rileks. Aktifitaas yang dilakukan bersama, dalam suasana informal dan rileks, diharapkan akan menstimulus untuk mengurangi jarak yang ada diantara mereka, saling memberikan dukungan dan juga saling terbuka dalam situasi yang berbeda nantinya. Sehingga diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini, peserta akan mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan, merasa lebih segar (fresh), dan kembali menciptakan sesuatu yang baru (Creative), sportif dalam berkompetisi secara sehat serta lebih bersifat humanis sehingga antusiasme dan motivasi peserta dapat bertambah tinggi dalam bekerja.

Outing

Paket outing yang kami tawarkan merupakan kombinasi dari berbagai kegiatan wisata petualangan dan wisata liburan yang dikemas dengan apik sehingga menambah pengalaman anda selama mengikuti kegiatan ini. Selain untuk perorangan, paket outing ini juga cocok untuk group baik keluarga besar maupun instansi/ perusahaan yang memilih Tanah Tingal sebagai tempat menyelenggarakan agenda perusahaan. Misalnya untuk meningkatkan kinerja karyawan dalam suatu perusahaan baik dari aspek kualitas individu maupun kelompok kerja, diperlukan suatu kegiatan pelatihan yang lazim disebut Management Training atau Team Building . Melalui kegiatan outing inilah para karyawan akan dapat mengukur kemampuan mereka masing-masing sekaligus dapat meningkatkan kinerja dan interaksi mereka dalam kelompok. Tanah Tingal sebagai tempat yang memiliki area yang luas dan keindahan alam merupakan salah satu destinasi yang tepat sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan outing.

Edu Kids

Kami memiliki program Edu Kids, kegiatan ini didesain untuk memberikan pembelajaran kepada anak-anak agar memiliki kreatifitas dan kecintaan terhadap lingkungan. Adapun kegiatan Edu Kids ini adalah menghias pensil, menanam padi, merontok padi, menumbuk padi, memandikan kerbau, menanam Philo, menangkap ikan, melukis caping, recycle paper, Recycle Plastik, Kreasi Biji-bijian, Melukis Keramik.

Outing Kids

Canoeing, Cargo net, Elvis Walk, Flying fox, Water Transfer, Toxic Waste, Transfer Ball, Mouse Trap, Egg Drop, Pipa Bocor.

Fun Games

Fun Game merupakan kegiatan permainan yang menyenangkan serta menyegarkan suasana dalam sebuah kegiatan outbound ataupun inbound, fun game sendiri juga mempunyai pola permainan yang sifatnya mendidik dan merespon otak kita untuk berfikir positif. Selain itu, program ini bisa dimanfaatkan untuk lebih mengakrabkan jalinan antar sesama ataupun organisasi. Dalam pelaksanaannya, Program ini tidak mengagendakan sesi diskusi dan menggunakan fasilitas high rope( Flying fox,Elvis walk dsb). Diantara jenis permainan fun games adalah toxic waste, mouse trap, egg drop, obor kebersamaan, opposite, mexican dance, stick Transfer, Bulldozer dan lain-lain.

Pondok Inap Cabin

Kegiatan untuk mendukung pendidikan & pelatihan,kami mempunyai cabin/penginapan yang berkonsep barak.walaupun konsep barak,tetapi untuk kenyamanan,barak ini berpendingin ruangan/ac dengan kapasitas 50 tempat tidur.

Prewedding photoReunianFarewell party (perpisahan sekolah)Retreat


KANDANG JURANG DOANK

Kandank Jurank Doank adalah sebuah komunitas kreativitas bagi anak-anak nusantara yang berlokasi di Ciputat, Tangerang Selatan. Kandank Jurank Doank telah berdiri untuk mengisi kekosongan pada pendidikan di Indonesia sejak tahun 1995. Bukan sekolah, apalagi kelas-kelas dengan kurikulum juga sejumlah persyaratan uang pangkal yang kadang tidak dapat dimampui seseorang sehingga menjadi beban.


OCEAN PARK

Ingin merasakan sensasi bermain ombak dan duduk di pinggiran pantai serta merasakan sunset di dalam kolam? Ingin bermain permainan air seperti Slide Tower dengan berbagai macam model slide dan sudut kemiringan yang akan menantang adrenalin Anda? Semua itu bisa Anda temukan di Ocean Park Water Adventure BSD City! Lewat promo dari KlikToday, Ocean Park menawarkan harga paket untuk pembelian tiket dengan harga super hemat. Selain itu, Anda juga dapat merasakan kedahsyatan Typoon River sepanjang 500 m dimana semua orang bisa merasakan ganasnya ombak di sepanjang sungai tersebut. Di sekitar Slide Tower juga kalian dapat menguji keberanian Anda dengan permainan Flying Fox-nya!

Ocean Park juga cocok sebagai destinasi rekreasi bersama keluarga, karena disini terdapat banyak sekali wahana air untuk anak Anda seperti permainan Jelly Fish, Fish Place, Splash Town, Flying Rope, Giant Mushroom dan masih banyak lagi yang dapat dinikmati oleh anak-anak Anda. Dengan kebersihan tempatnya yang sangat terjaga, fasilitas lengkap yang memadai serta wahana air dan permainan pemacu adrenalin yang tersedia dengan lengkap, tentunya sayang sekali apabila deal ini hanya kalian lewati begitu saja.

Berikut Wahana – Wahana yang ada di Ocean Park

Kolam Ombak

Suasana yang ingin ditampilkan di wahana ini adalah suasana pantai. Misalnya pada bagian Pacific Wave terdapat kapal bajak laut. Di area ini sering dikenal sebagai kolam ombak, karena setiap satu jam, akan datang ombak selama 15 menit.
Ombak buatan ini bisa mencapai 1,5 meter yang akan membuat Anda merasa berada di pantai atau di laut lepas. Karena hanya muncul tiap jam, maka saat mendengar sirene yang menandakan bahwa akan datang ombak, banyak pengunjung bergegas menuju area ini. Tentunya wahana ini cukup aman apalagi Anda dilengkapi dengan pelampung.


Kolam Arus

Bila Anda telah merasa lelah, cobalah untuk mengunjungi wahana Caribbean River, yaitu kolam arus yang mengelilingi tempat ini. Di sini, Anda tidak perlu berenang. Cukup duduk diatas pelampung Anda atau dengan menggunakannya, Anda dapat melihat keseluruhan area Ocean Park. Arena yang tepat untuk orang yang sudah merasa lelah.


Slide And Fun

Seperti kebanyakan taman air lainnya, di Ocean Park juga dilengkapi spiral untuk meluncur atau seluncuran. Wahana itu dinamakan Slide and Fun. Spiral ini memiliki ketinggian 15 meter dengan panjang mencapai 96 meter. Tentu menarik untuk mencoba wahana ini. Selain itu, ada juga wahana untuk meluncur lainnya yang dinamakan Racer Slide. Bentuk wahana untuk meluncur ini lurus dan cukup curam, sehingga Anda dapat meluncur dengan kecepatan tinggi. Terdiri atas 4 lajur sehingga cukup menarik untuk adu balap meluncur ke bawah lalu
masuk ke kolam.


Pijat Air Terjun

Anda juga dapat membuat diri Anda rileks dengan merasakan kerasnya pijatan air terjun buatan di wahana Lagoon The Bahama. Pijatan ini akan membuat Anda kembali bugar setelah lelah menikmati banyak wahana di area Ocean Park BSD.


Permainan Air

Anda juga dapat menikmati senangnya bermain air bersama keluarga. Di wahana Splash Town, Anda dapat bercanda ria bersama keluarga sambil bermain air dan berbasah-basahan. Tentu tempat ini menarik untuk dinikmati bersama seluruh keluarga termasuk anak-anak Anda yang masih kecil.


Bungee Trampoline

Permainan ini adalah permainan loncat menggunakan tali dan trampolin yang sangat atraktif dan menyenangkan. Permainan ini memadukan adrenalin dan skill serta kesenangan yang berbeda bagi setiaporang.(advetorial)


TAMAN KOTA 1 DAN TAMAN KOTA 2

Sejatinya BSD City memiliki 2 lokasi Taman Kota. Taman Kota 1 terletak persis di dekat  sekolah Al Azhar BSD.  Sementara Taman Kota 2 terletak di kawasan industri Taman Tekno (Techno Park). Kedua lokasi itu sangat mudah dicapai dari jalan Tol Pondok Indah – BSD. Untuk menuju Taman Kota 1 sebaiknya Anda keluar di pintu tol Ciputat, Pamulang. Setelah memutar balik ke kanan tinggal meluncur lurus sekitar 1 km ke Taman Kota 1. Sementara jika Anda ingin ke Taman Kota 2 tinggal keluar di pintu  tol Serpong. Lalu lurus ke depan sekitar 1 km menuju kawasan industri Taman Tekno. Di sepanjang jalan yang bergelombang agak rusak ini Anda akan menjumpai deretan restoran masakan Soto Betawi, Lalapan Sunda, Gudeg Jogja, Coto Makassar sampai sate kambing. 
Hiruk pikuk panas kota Jakarta seperti lenyap ditelan kerindangan pepohonan di Taman Kota 1. Tempat nyaman ini dibuat tahun 2004 dengan luas 2,5 hektar, memiliki 60 jenis tanaman dengan jumlah pohon mencapai 2.500 pohon. Jenis pohon yang ada antara lain Nam-nam hutan, Keben, Pulai, Nyamplung, Menteng, Bintaro, Beringin sabre, Saraca, Meranti, Sawo Duren, Sosis Afrika, dll. Tidak heran jika seolah-olah Anda sedang berada di tengah hutan tropis Indonesia. Taman ini juga memiliki fasilitas plaza dan panggung, jogging track, fitness ground, acupuncture walk, tempat bermain anak, papan pendidikan lingkungan dan kios jajanan.

Taman Kota 2 dibuka pada tahun 2006 memiliki fasilitas yang lebih banyak dibanding Taman Kota 1 antara lain Bursa Tanaman Hias, Jembatan Gantung, Gazebo, Tree House, Mini Water Flow (air terjun dengan tinggi hanya 1 m) dengan luas yang lebih besar yaitu 9 hektar termasuk danau buatan (2 ha) dan Sentra Tanaman Hias. Dengan area yang lebih besar jumlah pohon juga lebih banyak, sekitar 7.000 pohon. Jenis pohonnya antara lain Waru Gunung, Nam-nam hutan, Keben, Pulai, Nyamplung, Menteng, Bintaro, Beringin Sabre, Saraca, Meranti, Sawo Duren, Sosis Afrika, Flamboyant, dll.  Taman Kota 2 memiliki kontur tanah yang bervariasi dan agak tinggi, Anda akan betah meluncur di trek sepeda  yang turun-naik di bawah naungan rindang pohon tropis.


Fungsi Taman Kota ini selain sarana rekreasi dan olahraga juga berfungsi sebagai laboratorium alam/botani, melindungi kesuburan tanah dan air, daerah resapan air, penyedia oksigen/paru-paru kota, juga sarana pendidikan lingkungan.

Baca juga beberapa ruang terbuka hijau di Kota Tangerang Selatan



Sumber : Blog - Blog Yang Relevan

SHARE :
CB Blogger

2 komentar

ngeblog07 15 Mei 2013 11.01

Wah keren mas tempat rekreasinya..Pengen kesana jadinya.. hehe..

Salam kenal mas

Ganius Eka 28 Mei 2013 10.45

Baru tau di tangsel ada tempat wisata.. taunya mal doank hehee informatif bgt dah...

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 LINTAS TANGSEL. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger