Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   
Home » » MAN Insan Cendikia Tangsel : Bukti Suksesnya Pengelolaan Profesional dan Pengajar yang Kompeten

MAN Insan Cendikia Tangsel : Bukti Suksesnya Pengelolaan Profesional dan Pengajar yang Kompeten


Nama Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Serpong tak asing lagi di dunia pendidikan. Sekolah yang berlokasi di Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), ini kerap kali menciptakan pelajar-pelajar berprestasi, mulai dari tingkat kota, provinsi, nasional hingga tingkat internasional. Apa kelebihan sekolah satu ini hingga sukses menerbitkan pelajar-pelajar beprestasi, berikut laporannya.

Lingkungan MAN Insan Cendekia Serpong memang tampak asri dan sangat cocok dijadikan sebagai tempat menuntut ilmu. Suasana tenang dan nyaman ini, memungkinkan pelajar yang menimba ilmu di sekolah binaan Kementerian Agama RI ini lebih mudah menyerap materi pelajaran yang disampaikan pendidik.

Kelebihannya tak hanya di situ. Soal sarana dan prasarana pendidikan, sekolah yang bangunannya didominasi cat putih ini juga tak kalah mentereng. Apalagi, managemen pengelolaan sekolah ini dikelola secara profesional dan di dalamnya terdapat staf pengajar berkompeten.

Sekolah besutan Prof Dr Ing B J Habibie melalui program STEP BPPT ini juga dikelola secara serius dengan standar tertentu, misalnya pengelolaan pembelajaran mulai kegiatan perencanaan, pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan evaluasi dilaksanakan dengan standar tinggi alias standar nasional plus. “Pengajarnya juga kompeten,” kata Suwardi, kepala MAN Insan Cendekia Serpong

Guru-guru yang kompeten ini juga dilengkapi dengan keberadaan asrama, lingkungan yang asri dan sistem yang terancang rapi. “Kesemuanya membantu mendongkrak kualitas madrasah. Setiap tahunnya, ribuan pendaftar mengikuti seleksi masuk yang diadakan,” katanya.

Semua fasilitas yang lebih dari memadai ini, diikuti dengan raihan sejumlah prestasi akademik dan non akademik membanggakan yang mengharumkan nama sekolah dan nama Kota Tangsel. Tak hanya itu, setiap tahunnya MAN Insan Cendekia Serpong sukses meluluskan seluruh siswanya atau tingkat kelulusan 100 persen dengan 90 persen lulusan diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit.

Tahun lalu, 13 siswanya diterima di berbagai universitas luar negeri, sebagian besar dengan beasiswa. MAN Insan Cendekia Serpong juga merupakan salah satu sekolah yang siswanya selalu ada di daftar peraih medali Olimpiade Sains Nasional sejak tahun 2000. Gapaian di ajang internasional dimulai dengan diraihnya medali emas untuk bidang studi fisika tahun 2002.

Sejalan dengan prestasi akademik, bidang non akademik pun kerap kali dijuarai. Pencapaian terbaru MAN Insan Cendekia Serpong adalah diraihnya gelar Best participant of MIMUN (Moscow International Model United Nation) oleh Gilang Al-Ghifari Lukman dalam ajang bergengsi yang diikuti 606 pelajar dari 65 negara di Moskow, Rusia.

“Waktu saya tahu visi sekolah ini menekankan pengajaran imtaq dan iptek, saya tidak berpikir itu akan beneran. Tapi sejak bulan pertama sekolah, saya langsung mengerti imtaq dan iptek yang dimaksud itu sungguh diterapkan. Diintegrasi, jadinya saling melengkapi. Komitmen ke sananya nyata,” tutur M Bastomi Fahri Zusak, siswa kelas XII.

Selama menimba ilmu di MAN Insan Cendekia Serpong, seluruh siswa diajarkan untuk jujur. Para siswa juga diajarkan kerja keras, khususnya untuk meraih nilai maksimal dalam bidang akademik. Persaingan antar-siswa yang rata-rata merupakan juara kelas di sekolah lamanya menciptakan suasana kompetisi ketat. Untuk mempersiapkan diri menghadapi UN, bimbingan belajar diadakan setiap sore sepulang sekolah. Di malam hari, siswa belajar dengan sistem peer group terjadwal. Setelah Isya, siswa kembali dari masjid ke asrama untuk belajar mandiri.

Maka tak salah, tahun ini (Tahun Pelajaran 2012/2013) MAN Insan Cendekia kembali meraih prestasi membanggakan. Selain meluluskan siswa dengan nilai UN 10 terbaik tingkat nasional, sekolah ini sukses menduduki peringkat dua nasional hasil UN dengan nilai rata-rata 8,93. Sekolah ini, hanya kalah dari SMA Negeri 4 Denpasar dengan nilai rata-rata 9,87. Membanggakan.

Sumber : Tangsel Pos

SHARE :
CB Blogger

4 komentar

Vitalia Dwii Amanda 4 Juni 2013 10.51

Wuihh , keren banget gan, udah gtu siswanya juga pasti berkualitas banget kayaknya. Semoga sekolahan ini tetap bertahan sepperti itu semoga semakin banyak peminatnya amin

13desember95 4 Juni 2013 12.27

Wiih,sekolah yg keren sob?
ituu sekolah Paskib semua th....

KUNBAL,saya tunggu

Ahmadz Blogerz 4 Juni 2013 16.54

Widih.... bagus bngt infonya kang erwan :D Guru nih.... cba guru ane pny blog semuanya :D

Komback:
http://www.infobarupdate.com/2013/06/jenis-dan-ciri-batuan.html

onchall 5 Juni 2013 08.24

wah mantab gan,,, sekolah yg di bagus

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 LINTAS TANGSEL. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger