Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SERPONG - TANGSEL : Miliki Reaktor Terbesar Di Asia Tenggara

Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dijadikan tempat penelitian reaktor nuklir terbesar se-Asia Tenggara. Terdapat 30 Megawatt reaktor yang siap menjadi media penelitian para profesor di Indonesia dan mancanegara.

Reaktor nuklir tersebut merupakan kategori kedua setelah Jepang dan Jerman yang memiliki nuklir dengan kekuatan kategori satu atau diatas 100 Megawatt.

Director National Nuclear Eneergy Agency Centre For Nuclear Technology Partnership Ferly Hermana menerangkan di Asia Tenggara hanya di Indonesialah yang memiliki reaktor terbesar, yakni mempunyai tegangan 30 Megawatt. dan Reaktor ini dinamakan Serpong Reactor Research.

Serpong Reactor Research mempunyai pengaman atau skenario penangkal radiasi yang bagus. Seperti;
  1. Bila temperatur tambah panas, maka reaktor akan mati dengan sendirinya
  2. Bila Level air yang berada disekitar reaktor turun 4 Cm, maka reaktor akan mati dengan sendirinya
  3. Yang paling parah, apabila reaktor tersebut melelh, maka alat menyerupai scan akan melacak dan dengan seketika alat tersebut akan mematikan reaktor secara otomatis.
Tidak hanya itu, BATAN juga melibatkan beberapa komponen seperti Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN), Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel.
BATAN punsudah menyiapkan radius aman bila seandainya terjadi kecelakaan yaitu yaitu 400 meter dari gedung, serta satu kilometer kemudian. 

Sumber : Koran Tangsel

Posting Komentar untuk "SERPONG - TANGSEL : Miliki Reaktor Terbesar Di Asia Tenggara"