Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tangerang Selatan Raih Piagam Adipura

Dibawah kepemimpinan walikota Airin Rachmi Diany dan wakilnya Benyamin Davnie, kota Tangsel tumbuh seperti "Bayi Ajaib". Berbagai penghargaan berhasil diraih kota yang baru berumur 4 tahun ini.

Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mendapat Penghargaan Piagam Adipura Kategori III (Kota Sedang). Ini sesuai Keputusan Menteri Lingkungan Hidup RI No. 192 Tahun 2013, Tentang Penghargaan Adipura Tahun 2013 tertanggal 3 Juni 2013. Dan kabar menggembirakan ini baru diterima Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Tangsel Rabu Lalu.

Walikota Tangsel sendiri mengaku bersyukur atas diraihnya penghargaan ini bagi Kota Tangsel, namun Airin Juga mengingatkan agar tidak "terlena" dan hendakalah penghargaan ini menjadi langkah awal mengubah perilaku masyarakat untuk lebih mencintai kebersihan dan lingkungan.

Karena Tangsel sendiri mempunyai Pekerjaan Rumah (PR) adalah bagaimana mengubah kebiasaan masyarakat agar sadar akan kebersihan.

Pengumuman Penghargaan Adipura dan Adipura Kencana akan di umumkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, 10 Juni mendatang Ucap Asisten Deputi Pengelolaan Sampah kementrian Lingkungan Hidup Sudirman.

Program Adipura itu sendiri dibagi dalam empat kategori, yaitu:
  1. Kota Metropolitan (Penduduk Lebih Dari Satu Jiwa)
  2. Kota Besar (Jumlah Penduduk antara 500.001 hingga satu juta jiwa)
  3. Kota Sedang (Jumlah Penduduk antara 100.001 hingga 500.000) dan
  4. Kota Kecil (Jumlah Penduduk sampai dengan 100.000)
Penghargaan Adipura diberikan dalam bentuk; Pertama, Anugerah Adipura yang terdiri atas Adipura Kencana dan Adipura. Lalu Piagam Adipura Serta Plakat Adipura.

Untuk meraih penghargaan Adipura ini terdapat 17 kriteria yang harus dipenuhi calon penerima Adipura diantaranya adalah;
  1. Penilaian Kebersihan dan Kelayakan Sarana dan Prasarana Kota seperti pasar, terminal, fasilitas umum, dan fasilitas sosial
  2. Penilaian terhadap pengelolaan alam seperti sungan, danau, dan kebersihan air.
Sekali lagi Selamat Buat Kota Tangerang Selatan (Tangsel), ayo mari Jadikan Kota Tangsel Lebih Baik.

Sumber: Koran Tangsel

Posting Komentar untuk "Tangerang Selatan Raih Piagam Adipura"