Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   
Home » » Asal - Usul Nama Pondok Cabe Udik

Asal - Usul Nama Pondok Cabe Udik

Asal - Usul nama Pondok Cabe Udik ternyata bukan berasal karena daerah ini penghasil cabe terbesar di Tangerang Selatan ketika itu.

Dan sampai sekarangpun tidak banyak orang yang tahu dari mana asal muasal nama kelurahan pondok cabe ini. Tetapi untuk kata 'udik' yang berada di belakang kata pondok cabe dipastikan ada latar belakangnya.

Keterkaitan adanya ilir dan udik rupanya saling keterkaitan satu dengan yang lainnya. Dua pondok cabe udik dan pondok cabe ilir hampir sama corak dan kulturnya. Namun kemudian, saling terkait akan tetapi dua - duanya bukan berasal dari pemekaran wilayah sejak awalnya.

Konon kabarnya di wilayah ini ada dua wali yang berwujud wanita dan laki - laki. Nurmi, wali sosok wanita yang tinggal di pondok cabe ilir dan Nurmi bersosok lelaki dengan gagah perkasa tinggal di pondok cabe udik. Dulunya sosok kedua inilah yang menjadi cikal bakal wilayah tersebut hingga kini berdiri.

Meski demikian, keberadaannya tidak dapat di buktikan secara tertulis. Sementara peninggalan Majid Agung Al Ikhlas yang berada di ilir dijadikan sebagai bukti bahwa keberadaan asal - usul tersebut memang ada.

Info dilapangan yang tersebar dari tutur tinur sejak sesepuh dulu hingga kini menunjukkan bahwa cikal bakal kedua wilayah tersebut berawal dari 'kruhun' atau disebut orang setempat sebagai orang tua dulu.

Sementara merujuk kepada asal - usul penamaanudik karena, banyak orang yang hilir dan mudik.

Sementara banyak orang yang pergi ke Jakarta memang harus melewati ilir, sebagaimana letak geografis antara ilir dan udik. Posisi ilir adanya disebelah utara sebagaimana disebut didaerah perlintasan kota. Sementara udik disebelah selatan dengan istilah mudik, sehingga disebut hilir - mudik.

Saat itu, daerah udik masih belantara pepohonan dan dataran rendah yang ditumbuhi padi dipersawahan. Untuk dataran tergalan ditumbuhi palawija, jagung, dan umbi - umbian. Pekerjaan penduduk setempat rata - ratapetani ladang dan sawah.

Pada masa tersebut daerah itu juga sering disinggahiorang - orang yang berasal dari daerah bogor dan sukabumi yang berjualan panci, dandang, dan kukusan.

Untuk melihat kilas balik dari daerah - daerah tangsel yang lain dapat dilihat disini

SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 LINTAS TANGSEL. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger