Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelurahan Serua Indah : Kampungnya Para Dalang Dan Penghasil Tambang

Kelurahan Serua Indah, Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan merupakan penghasil tali tambang dan sudah sejak puluhan tahun tali tambang yang di produksi tersebut selalu menjadi andalan para pelaut di Pelabuhan tanjung Priuk, Jakarta.

Kelurahan Serua Indah merupakan hasil pemekaran dari Kelurahan Seru yang terjadi pada Tahun 1984.

Asal usul kata 'serua' berasal dari kata 'Sarua' yang dalam bahasa Sunda artinya sama. Sedangkan para sesepuh didaerah tersebut mengenal serua dengan arti wangi atau sama.

Warga serua ini dikenal sebagai pengrajin tali tambang yang dibuat dari karung goni dan hampir setiap rumah banyak terdapat anyaman tali tambang. Produksi tali - tali tambang tersebut kemudian didistribusikan kebeberapa kota di Indonesia.

Dan para pelaut atau kuli bongkar muat di pelabuhan tanjung Priuk disebut - sebut selalu mengandalkan produksi tali tambang dari Kelurahan Serua Indah ini hingga turun temurun.

Selain terkenal sebagai daerah penghasil tali tambang, Kelurahan Serua Indah juga memiliki warisan sejarah wayang yang hingga kini dikenal seantero Tangerang. Hiburan wayang tersebut kerap kali dipentaskan saat ada hajatan warga. Dalangnya sudah keturunan beberapa kali dan itu menjadi warisan yang harus dilestarikan dan nama paguyuban wayang tersebut adalah Lingkung Seni Cinta kasih.

Namun seiring perkembangan, warga kelurahan Serua Indah semakin bertambah penduduknya, sehingga ladang dan sawah sudah mulai langka. Profesi masyarakatnya sudah mulai bergeser dengan perdagangan dan jasa.

Posting Komentar untuk "Kelurahan Serua Indah : Kampungnya Para Dalang Dan Penghasil Tambang"