Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   
Home » » Cara Instal 2 Windows (Operating System) Dalam 1 Laptop

Cara Instal 2 Windows (Operating System) Dalam 1 Laptop

Cara Instal 2 Windows (Operating System) Dalam 1 Laptop | Atau biasa lebih dikenal dengan dual boot, yaitu menginstal 2 Operating System (OS) dalam 1 Laptop atau komputer. Adalah salah satu cara jika anda ingin merasakan sensasi memakai windows 8 tetapi tidak mau kehilangan Windows 7 yang sudah ada. Karena banyak orang belum cukup siap dan berani benar-benar beralih ke Windows 8.
 
Apa keuntungan dan kerugian dual boot?

Keuntungan Dual Boot

  1. Kkita tidak perlu repot dan khawatir dengan instalasi OS yang sudah terinstall.
  2. Kamu bisa menggunakan dua buah OS dalam satu perangkat saja. Kalau mau pindah, cukup logoff, restart dan ganti.
  3. Kemudian juga berhubungan dengan kompabilitas dengan software lama. Windows 7 bisa menjalankan aplikasi jadul dengan berjalan di Windows XP Mode, Windows 8 tidak memberi kemudahan seperti itu. Jadi kalau kamu punya banyak koleksi software lama yang sudah terlanjur kamu kuasai atau sekarang aplikasi itu sudah discontinue, pilihan dual boot adalah yang terbaik.

Kerugian Dual Boot

  1. Kerugian utamanya terletak pada pemborosan resource komputer kamu. Instalasi Windows 7 lengkap dengan program-program yang terinstall bisa mencapai beberapa puluh GB. Sementara Windows 8 sendiri paling tidak butuh 30 GB untuk instalasi minimal, jadi laptop atau PC-mu harus punya hard disk yang ekstra lega.

Sebelum kita menginstal windows yang kedua. Yang harus diperhatikan adalah didalam laptop atau komputer kita harus mempunyai lebih datri 2 Partisi.

Kenapa harus seperti itu???

Karena, partisi yang pertama untuk OS yang lama, Partisi yang kedua untuk OS yang Ke 2 dan Partisi ke 3 Untuk Kumpulan semua data (Data / Dokumen terpisah dengan OS).

Nah, berikut adalah cara untuk membuat partisi jika di laptop atau komputer anda partisi yang ada kurang.

Cara membuat partisi baru di Windows 7

  • Partisi baru ini kita buat sebesar 30 GB. Untuk mudahnya ketikkan “Disk Management” di Windows Search Box, pilih program dengan deskripsi “Create and format hard disk partitions.”
  • Akan terbuka window Disk Management seperti dibawah ini. Pilihlah drive dimana kita akan membuat partisi baru. Dalam hal ini kita akan mengubah drive C:. Sudah? Nah, sekarang pilih “Shrink Volume.”
  • Berikutnya, tentukan besar partisi baru untuk Windows 8. 30-40 GB sudah cukup memadai, sebenarnya 16 GB juga cukup, tapi nanti tidak akan ada cukup tempat kalau kita mau install software pendukung macam Microsoft Office atau yang lain. Yang harus diingat adalah 1 GB = 1024 MB. Dari screen shoot di bawah ini, kita akan mempunyai unallocated volume sebesar kurang lebih 20 GB. Klik Shrink.
  • Nah, sekarang kamu akan masuk di Inside the Simple Volume Wizard, biarkan saja besaran volume partisi baru ini pada posisi default, masukkan nama drive, dan format menjadi NTFS. Hehe, partisi baru anda sudah siap.

Install Windows 8 dual boot dengan Windows 7

  1. Sekarang anda tinggal masukkan DVD Installer Windows 8 ke dalam tray DVD, dan reboot komputermu.
  2. Yang paling penting adalah ketika kita menentukan di partisi mana kita mau install Windows 8nya. Pastikan partisi yang baru kita buat tadi yang terpilih.
  3. Ikuti saja panduan yang muncul di layar sampai selesai.
  4. Komputer kamu akan restart beberapa kali dan
  5. Selesai. Sekarang kamu sudah punya dua Windows dalam satu komputer.

Demikianlah Postingan kali ini mengenai Cara Instal 2 Windows (Operating System) Dalam 1 Laptop

SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 LINTAS TANGSEL. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger