Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisi - Kisi Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) SMK 204/2015

Ujian Nasional kompetensi praktik produktif bagi siswa SMK merupakan pelaksanaan penilaian berbasis kompetensi untuk mendapatkan pengakuan atas kemampuannya, karena ujian kompetensi produktif di SMK merupakan kesempatan untuk menampilkan kemampuan yang dikuasainya dan promosi kerja di hadapan para penguji yang berasal dari dunia usaha/dunia industri, para pakar dibidangya maupun asosiasi profesi.

Kisi - Kisi Uji Kompetensi Kejuruan

Adapun fungsi uji kompetensi produktif untuk SMK adalah: pertama salah satu alat ukur keterserapan diklat yang telah berlangsung dari awal hingga akhir sekolah, sehingga seorang dianggap mampu menguasai materi pembelajaran kompetensinya bila telah lulus dari Uji Kompetensi Produktif.

Kedua, Uji Kompetensi Produktif adalah pengakuan diri atas kemampuan pada bidang kompetensinya, bahwa peserta didik yang telah lulus Uji Kompetensi Produktif akan diakui kompetensinya yang dibuktikan dengan sertifikat yang diterimanya.

Ketiga, Uji Kompetensi Produktif merupakan penghargaan dan pengakuan peserta didik dan pendidik atas proses kegiatan belajar mengajarnya oleh dunia kerja hal ini dapat terlihat dengan ujian yang melibat dunia usaha/dunia industri, asosiasi profesi dan para pakar dibidangnya.

Keempat, Uji Kompetensi Produktif adalah pintu masuk kedunia kerja, sesuai dengan tujuan pendidikan di SMK yaitu mendidik tenaga trampil dan mandiri tingkat menengah, maka sertifikat hasil uji kompetensi produktif yang diketahui oleh dunia kerja dapat digunakan untuk melamar pekerjaan, yang dapat meyakinkan dunia usaha dan industri akan kemampuan sipelamar. 

Jika anda ingin mendownload Kisi - Kisi Ujian Kompetensi Kejuruan silakan klik disini.
Kisi - Kisi UKK 2014/2015

Posting Komentar untuk "Kisi - Kisi Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) SMK 204/2015"