Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   
Home » , » Jadwal Ujian Nasional Tahun pelajaran 2014/2015 dan POS UN 2015

Jadwal Ujian Nasional Tahun pelajaran 2014/2015 dan POS UN 2015

Jadwal ujian nasional (UN) untuk SMA/MA sederajat, SMK/MAK sederajat, dan SMP/MTs sederajat telah dirilis. Mulai April mendatang, diperkirakan sebanyak 7,2 juta siswa di kelas akhir setiap jenjang akan mengikuti evaluasi tahunan di bidang pendidikan tersebut.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) DR. Anies Baswedan mengatakan, persiapan pelaksanaan UN terus berjalan. Dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR RI, Selasa tanggal 27 Januari 2015, Mendikbud menjelaskan saat ini rancangan prosedur operasi standar (POS) telah disiapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). POS ini baru akan dikeluarkan jika perubahan peraturan pemerintah (PP) nomor 19 tahun 2005 telah ditandatangani presiden. 

Silakan download Draft POS UN tertanggal 24 Februari 2015 dengan klik disini.

Berikut adalah jadwal Ujian SMA/MA/SMK, SMP/MTs/SMPLB, SD/MI/SDLB

Jadwal Ujian SMA/MA 2015
Jadwal SMK Tahun 2015

Jadwal Ujian SMALB Program Paket C dan SMP/MTs/SMPLB

Jadwal Ujian Program keahlian Paket B

Untuk penghitungan nilai Kelulusan
  1. Gabungan antara nilai Ujian S/M dan nilai rata-rata rapor semester I, II,  III,  IV, dan  V  untuk SMP/MTs dan SMPLB dengan pembobotan 30% sampai dengan 50% untuk nilai Ujian S/M dan pembobotan 50% sampai dengan 70% untuk nilai rata-rata rapor.
  2. Gabungan antara  nilai Ujian  S/M dan  nilai rata-rata rapor semester III,  IV, dan  V  untuk  SMA/MA/SMAK/SMTK, dan SMALB dengan pembobotan  30% sampai dengan 50% untuk nilai Ujian S/M dan pembobotan 50% sampai dengan 70% untuk nilai rata-rata rapor.
  3. Gabungan antara nilai Ujian S/M dan nilai rata-rata rapor semester I, II,  dan  III  untuk  peserta yang menggunakan sistem kredit semester (SKS) dan dapat menyelesaikan program kurang dari tiga tahun.d.  Gabungan antara nilai Ujian  S/M dan nilai rata-rata rapor semester  Isampai  semester V  untuk  SMK/MAK  dengan pembobotan  30% sampai dengan 50% untuk nilai Ujian S/M dan pembobotan 50% sampai dengan 70% untuk nilai rata-rata rapor.
  4. Nilai  S/M  yang dikirimkan ke  Panitia  UN  Tingkat  Pusat harus diverifikasi oleh  Panitia  UN Tingkat Kabupaten/Kota dan Tingkat Provinsi, dan  tidak dapat diubah setelah diterima oleh  Panitia  UN Pusat.
Sedangkan untuk perhitungan Nilai Kompetensi Keahlian kejuruan adalah sebagai berikut:
  1. Gabungan antara nilai Ujian Praktik Keahlian Kejuruan dan nilai Ujian Teori Kejuruan dengan pembobotan    70% untuk nilai Ujian Praktik Keahlian Kejuruan dan  30% untuk nilai Ujian Teori Keahlian Kejuruan;
  2. Kriteria Kelulusan Kompetensi Keahliah Kejuruan ditetapkan oleh Direktorat Pembinaan SMK
Untuk lebih jelasnya silakan download POS UN 2015 Disini. Dipelajari dan semoga bermanfaat buat kalian semua


SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 LINTAS TANGSEL. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger