Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   
Home » » Kampung Dongeng Tunas Bangsa Tangerang Selatan

Kampung Dongeng Tunas Bangsa Tangerang Selatan

Dongeng merupakan sebuah sarana yang bisa digunakan sebagai salah satu edukasi untuk anak-anak mengenai pentingnya nilai-nilai kehidupan. Melalui dongeng pula, Kak Awam berusaha untuk menyebarkan kebaikan serta membangkitkan imajinasi sekaligus membentuk karakter anak.

Kak Awam merupakan pendongeng yang sangat imajinatif dan kreatif. Penampilannya selalu menarik dan mengesankan. Gaya berceritanya unik dan menyenangkan, sering menggunakan musical storytelling untuk bercerita. Kak Awam sangat pandai menirukan suara binatang atau backsound lainnya sehingga membuat cerita menjadi lebih hidup.

Saat ini Kak Awam sudah memiliki sanggar cerita sendiri yang disebut Kampung Dongeng. Ini adalah sebuah yayasan yang bernama lengkap Kampung Dongeng tunas bangsa. Disinilah Kak Awam memulai segalanya. Mulai dari mendongeng setiap hari untuk anak-anak hingga membentuk pendongeng-pendongeng baru.

Sejarah Kampung Dongeng

Kampung Dongeng di prakarsai oleh Mochammad Awam Prakoso yang pada tahun 1992 masih kuliah dan ingin mengembangkan bakat seni nya tersebut. Beliau saat itu bergabung dengan sanggar Kumpulan Mahasiswa Muhammadiyah Insan Seni (kummis) untuk mengembangkan bakatnya serta menimba ilmu terutama ilmu seni peran.

Berbekal ilmu seni peran tersebut, Awam Prakoso mulai mencoba menularkan beberapa kegiatan positif kepada anak-anak di sekitar rumahnya. Di sela-sela kesibukannya, beliau mulai mendongeng untuk anak-anak dengan berbekal ilmu theatrical yang dimilikinya.

Kesibukannya bekerja membuat kegiatan mendongeng sempat terhenti untuk sementara waktu, namun krisis moneter yang menimpa bangsa Indonesia pada tahun 1998 membuat beliau kehilangan pekerjaannya. Akan tetapi, dibalik itu semua membuatnya menjadi lebih bebas untuk berkreasi dan mengembangkan bakat seninya. Hampir setiap hari Awam Prakoso berkeliling ke sekolah-sekolah untuk mendongeng. Tidak hanya itu, dia juga secara rutin membuka pintu rumahnya untuk menerima tamu-tamu cilik yang ingin mendengarkan dongeng.

Dan mulai tahun 2009 Kak Awam secara resmi mendirikan Yayasan Kampung Dongeng Tunas Bangsa yang berpusat di Tangerang Selatan sebagai sarana untuk terus menyebarkan cita-citanya yaitu menyebarkan dan mendirikan 1000 Kampung Dongeng.
 
Dari Kampung Dongeng inilah kemudian lahir pendongeng yang baru, yang mempunyai kreativitas perbedaan. Hingga kini ada banyak pendongeng yang sudah siap berkeliling jabotabek dan bahkan sudah menyebar di beberapa provinsi di Indonesia yang menggelar kegiatan mendongeng setiap pekan maupun setiap bulan. Tak hanya di Kampung Dongeng, Kak Awam juga biasanya mencanangkan dongeng keliling Indonesia. Sehingga dia bisa menyebarkan nilai-nilai kebaikan kepada anak-anak di seluruh Indonesia.

Para Trainer Kampung Dongeng

Tidak hanya untuk dirinya, Kak Awam juga sering melatih guru maupun orang tua untuk mendongeng agar mereka bisa lebih dekat dengan siswa dan anak-anaknya.
 
Saat ini Kampung Dongeng sudah tersebar di sekitar 25 kota dan kabupaten.

Kegiatan-kegiatan yang dilangsungkan di Kampung Dongeng diantaranya adalah:

Pekan Kampung Dongeng

Kegiatan pekan Kampung Dongeng berisi bermain bersama, ajang unjuk bakat, pentas dongeng serta workshop kreativitas anak.
Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin di saung Kampung Dongeng yang ada di belahan bumi Indonesia.
 

Kampung Dongeng keliling kampoeng

Tim relawan Kampung Dongeng biasanya akan menyempatkan diri untuk menggelar dongeng secara rutin di berbagai pelosok nusantara. Hal ini dilakukan untuk bisa berbagi dengan mereka yang tinggal dan jauh dari kota.
 

Workshop Nasional Kampung Dongeng

Setiap 3 bulan sekali sebuah kegiatan workshop dilaksanakan selama 3 sampai dengan 7 hari yang bertujuan untuk memberikan materi-materi kepada relawan yang datang dari berbagai daerah. Maksud dan tujuan workshop ini adalah memberikan berbagai teknik dan rahasia mendongeng untuk menciptakan pendongeng yang baru di tanah air.
 

Kampung Dongeng jelajah Indonesia

Sesuai dengan cita-cita Kak Awam yang ingin mempersembahkan 1000 Kampung Dongeng untuk Indonesia, Kampung Dongeng bekerjasama dengan pemerintah maupun swasta untuk membuka cabang di berbagai belahan bumi Indonesia, sebagai salah satu sarana untuk menjangkau putra putri bangsa dalam rangka menyebarkan nilai-nilai kebaikan dan kejujuran.

Alamat Kampung Dongeng

Kampung Dongeng Tunas Bangsa beralamat di Jalan Musyawarah RT 04/01 No. 99 Kampoeng Sawah Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

Hubungi Kampung Dongeng
Website: kampungdongeng.com
Email: kampoeng-dongeng[at]yahoo.com
Twitter: @dongengkakawam, @kampoeng-dongeng
Facebook: Kampung Dongeng dan dongeng kak awam
Mobile: 0821-1288-0189, 0821-1019-9606

Berikut adalah salah satu dongeng terbaru dari Kak Awam Prakoso

SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 LINTAS TANGSEL. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger