Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   
Home » » Cara Cek Data Mahasiswa di Pangkalan DIKTI

Cara Cek Data Mahasiswa di Pangkalan DIKTI

angkalan Data Pendidikan Tinggi (PDPT) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi merupakan pangkalan data secara nasional keberadaan perguruan tinggi yang ada. Mulai dari Program studi (prodi), profil PT, Profil Dosen dan bahkan tersedia juga data profil Mahasiswa.

Seluruh data yang tercover merupakan data pelaporan yang didkirimkan oleh seluruh PT setiap semester. 

Sebenarnya tidak cuma data-data profil PT, Dosen maupun Mahasiswa, namun termasuk juga data-data nilai mahasiswa setiap semesternya. Data ini kemudian akan diolah dan masuk ke dalam sistem SIPKD (Sistem Informasi Pengembangan Karir Dosen) dan akan mempengaruhi terhadap karir seorang Dosen kedepannya.

Akan tetapi kali ini kita tidak akan membahas sistem SIPKD tersebut. Kita akan coba menge-cek data kita sebagai mahasiswa apakah sudah terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDPT) yang dikelola oleh Dikti. Sebenarnya cukup mudah untuk menelusuri data kita sebagai mahasiswa, namun lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :
  • Silahkan buka web address  http://forlap.dikti.go.id/ 
  • Selanjutnya klik menu PROFIL MHS
 
 
  • Maka akan terbuka halaman pencarian. Silahkan pilih PT yang dikehendaki dengan cara ketik saja nama universitasnya maka akan muncul pilihan universitas. Kolom Program Studi bisa dipilih "semua", dan pada kolom Kata Kunci kita bisa gunakan nama atau NIM. Untuk lebih cepatnya kita pakai NIM saja.
  • Setelah semua kolom terisi Klik tombol "Cari Mahasiswa"
 
Halaman Pencarian data Mahasiswa di Web Forlap Dikti
  • Selanjutnya akan terbuka halaman hasil pencarian seperti gambar di bawah ini. Untuk melihat lebih detail tentang Biodata dan riwayat kuliah bisa diklik "Nama Mahasiswa".
 
Hasil Pencarian Data Mahasiswa di Web Forlap Dikti

Hasil Pencarian Data Mahasiswa di Web Forlap Dikti terbaru

Gambar diatas terdiri dari dua tab, yaitu Biodata berisi keterangan biodata mahasiswa, dan tab kedua Riwayat Kuliah berisi tahun, semester dan SKS yang pernah diambil. Untuk Nilai memang tidak ditampilkan dalam kolom ini. Karena nilai mahasiwa bisa dilihat melalui Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) masing-masing universitas.

Demikian langkah sederhana untuk melihat data kita di sistem PDPT Dikti. Dengan begitu kita sebagai mahasiswa sudah benar-benar terdaftar sebagai seorang mahasiswa.

Mengenai keakuratan data tergantung dari pelaporan yang disampaikan pihak universitas kepada Dikti setiap semesternya.

Semoga bermanfaat

SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 LINTAS TANGSEL. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger