Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19

Berbagai upaya dalam pencegahan virus corona COVID-19 sudah dilakukan oleh masyarat luas. Mulai dari mencuci tangan yang bersih, menggunakan masker, menghindari tempat ramai atau dikenal dengan istilah Social Distance, tidak bersalaman sementara, hingga menjaga jarak 1 – 2 meter dengan orang lain. Upaya tersebut sudah dilakukan dengan tujuan mencegah rantai penularan virus corona.

Cara Cegah Virus Covid-19

Banyak dampak yang ditimbulkan dari tersebarnya virus COVID-19 ini. Salah satu upaya pemerintah dalam meminimalisir penyebaran virus corona adalah menerapkan belajar di rumah, ibadah di rumah dan kerja di rumah Work From Home (WFH)  bagi para pegawai negeri maupun swasta. Selain itu kita juga harus menjaga kebersihan diri dan juga kesehatan tubuh kita dengan cara berikut:

Menjaga Kesehatan Imun Tubuh

Disaat-saat seperti ini, pastikan kita benar-benar menjaga kesehatan ya. Jangan biarkan imun dalam tubuhmu menurun, karena virus akan mudah menyerang ketika imun menurun. Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk jaga imun tubuh kamu:
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah
  • Cukup Istirahat (Dewasa: 7-8 Jam, Remaja: 9-10 Jam)
  • Kelola Stress
  • Rutin Berolahraga minimal 30 menit sehari, bisa dimulai dari berjalan kaki.
  • Hindari Rokok dan Alkohol
  • Minum Air Mineral minimal 1,5 L Per hari


Mencuci Tangan Yang Benar

Kamu pasti sudah mengetahui bahwa cuci tangan merupakan cara yang ampuh untuk membunuh kuman atau virus yang ingin masuk ke dalam tubuh. Usahakan mencuci tangan menggunakan air yang mengalir dengan sabun ya, minimal selama 20 detik. Jika kamu kesulitan mendapatkan air, kamu bisa menggunakan hand sanitizer dan tisu basah yang mengandung minimal 70% alkohol.

Terapkan Etika Ketika Bersin & Batuk

Tutup mulut dengan tisu jika kamu saat batuk & bersin. Jika kamu sedang tidak membawa tisu atau masker, kamu bisa menutup mulutmu dengan telapak tangan. Tapi, pastikan kamu tidak menyentuh bagian muka atau bersentuhan dengan orang lain dan segeralah mencuci tangan hingga bersih. Hal ini dilakukan agar lingkungan kamu tidak tertular.

Menjaga Jarak (social distance)

Ayo dukung keluarga, teman, kerabat dimulai dari diri kita sendiri untuk tidak berpergian kecuali benar-benar urgent ya.

Gunakan Masker Bila Sakit

Tidak ada yang lebih tahu tubuh kita kecuali diri kita sendiri. Jika kamu mulai merasa kurang enak badan seperti batuk-batuk dan bersin, pastikan kamu memakai masker ya! Apalagi kalau kamu sedang berada ditempat umum. Ini merupakan pencegahan virus corona terpenting nih. Dan pastikan masker bekas kamu gunting agar tidak seorangpun dapat memakainya lagi.

Hindari Makan Daging Tidak Matang

Kamu suka makan daging? Tingkat kematangan medium rare seringkali menjadi pilihan untuk menyantao daging? Kurangin yuk! Melihat situasi seperti sekarang ini, memakan daging lebih baik dihindari, apalagi memakan daging hewan liar, itu tidak sehat untuk tubuh kita.


Demikianlah cara efektif dalam mencegah penyebaran virus covid-19. Mari kita terapkan cara - cara tersebut diatas untuk menghindari Virus Covid-19.

Jika kamu sudah mulai merasa tidak enak badan, atau mengalami gejala virus corona seperti demam, batuk dan pilek, gangguan pernapasan, sakit tenggorokan dan juga letih lesu, segeralah ke dokter untuk mengetahui kondisi tubuhmu. Kamu bisa hubungi https://infocorona.bantenprov.go.id/ atau langsung call center ke

Call Center Banten Covid-19

Jangan lupa menjaga kebersihan dan kesehatan kamu ya, semoga kita semua terjaga dari penularan virus corona. Ingat, waspada harus, panik jangan!

Posting Komentar untuk "Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19"